Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri dan Alasan Penting Kuliah di Luar Negeri

Beasiswa luar negeri adalah yang paling di idamkan oleh semua pelajar terutama jika sudah merencanakan hal sejak lulus SMA. Belajar di luar negeri dapat dilakukan dengan biaya sendiri maupun beasiswa. Dengan beasiswa maka pengeluaran akan menjadi lebih sedikit karena akan diberikan pertanggungan hingga lulus. Walaupun banyak yang berpikir untuk kuliah di luar negeri banyak saingan atau akan mudah mundur namun jika diikuti dengan baik dan mempersiapkan semuanya, tidak hanya mempersiapkan diri tetapi juga setiap berkas dan data yang dibutuhkan.

 

Berikut adalah cara mendapatkan beasiswa untuk belajar di luar negeri:

 

  • Miliki keyakinan yang kuat dan motivasi dalam diri jika kesempatan itu akan didapatkan, jangan ragu dan tetap memberikan dukungan terhadap motivasi. Motivasi akan mendorong diri untuk tidak menyerah dalam melalui berbagai tes.
  • Tingkatkan kemampuan bahasa Inggris dengan mengikuti tes TOEFL dan tetap asah kemampuan dalam berbicara bahasa Inggris, dapat juga menambah tingkat mendengar dan menulis dalam bahasa Inggris karena sangat dibutuhkan selama belajar di luar negeri.
  • Tentukan universitas yang akan dituju dan memilih jurusan yang diinginkan, saat memilih universitas sebaiknya memperhatikan budaya negara yang diterapkan dan cara mendaftar serta kelebihan yang ditawarkan kepada mahasiswa.
  • Pilih negara dengan pelamar paling sedikit karena dapat memberikan lowongan pekerjaan sehingga tidak akan menutup kemungkinan lolos dan mendapatkan pekerjaan.

 

Selain itu untuk memberikan semangat dan menjadi salah satu syarat adalah membuat motivation letter yang berisi essay untuk membuat diri layak mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Sebaiknya belajar menuliskan hal yang menarik dan berbeda dari yang lain. Tekad yang kuat dalam tulisan akan dipertimbangkan jika pendaftar memiliki keinginan yang kuat untuk belajar di luar negeri. Taati peraturan yang berlaku saat melakukan universitas sehingga setelah memenuhi persyaratan sehingga akan memberikan kesempatan. Memasukkan lamaran lebih awal tidak masalah karena akan memberikan poin plus sehingga tidak akan luput dari lowongan pekerjaan yang dibutuhkan.

 

Berikut adalah manfaat belajar dengan beasiswa luar negeri diantaranya:

 

  • Mendapatkan pengalaman yang berbeda budaya dan mendapatkan kedewasaan mental untuk memampukan diri bertahan hidup sendiri.
  • Memiliki prospek kerja saat kembali ke negara asal karena isi CV akan menjadi perhatian perusahaan terutama jika perusahaan tersebut multinational yang membutuhkan lulusan luar negeri, saat menuliskan data di CV sebaiknya sebutkan universitas dan pengalaman selama bekerja di luar negeri.
  • Memberikan rasa percaya diri untuk memiliki kebiasaan untuk berbicara dengan orang yang tidak di kenal dan ketika pulang ke negara asal akan lebih percaya diri dengan kemampuan diri yang dimiliki.

 

Belajar di luar negeri yang menambahkan pertemanan global karena universitas yang menjadi tujuan beasiswa biasanya terdiri atas mahasiswa dari beberapa negara. Hal ini akan membuat seseorang untuk berkenalan dengan orang lain yang berada dalam asrama. Saat belajar di luar negeri maka tidak ada salahnya mengatur keuangan dan mencari tambahan untuk menabung.

 

Beasiswa luar negeri juga akan memberikan manfaat terkait etos kerja yang diberikan karena mengutamakan kerja keras sehingga akan terbiasa. Saat belajar di luar negeri akan menambah inspirasi jika mengikuti kegiatan dengan sukarela melalui pengalaman kepanitian di negara tempat belajar. Selama berada di luar negeri tidak ada salahnya melakukan traveling sesuai budget yang direncanakan terutama jika sudah memiliki teman untuk diajak berkeliling dan memberitahu tentang informasi negara yang ditempati saat ini.