Berikut Persyaratan untuk Mendapatkan Beasiswa LPDP dari Kementerian Keuangan

logo lpdp oleh klikcoaching.com
klikcoaching.com

Pendidikan merupakan modal dasar seseorang untuk bisa terjun di masyarakat dan menjadi lebih berguna. Hal ini semakin lama semakin dipahami oleh semua lapisan masyarakat sehingga kebutuhan untuk pendidikan semakin besar. Asuransi pendidikan anak semakin laris, sekolah dengan kursinya yang selalu penuh di pergantian tahun, hingga berbagai macam beasiswa yang selalu habis diperebutkan pelajar yang membutuhkan. Semua itu menjadi tanda bahwa pendidikan semakin dibutuhkan dan menjadi prioritas. Contoh lainnya adalah mahasiswa atau lulusan sarjana yang ingin belajar di luar negeri untuk mendapatkan pengalaman dan keahlian yang lebih, dan diantara mereka banyak yang memperebutkan beasiswa LPDP S2.

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ini diberikan oleh kementrian keuangan kepada mereka lulusan sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan S2. Kuliah S2 yang akan dilakukan bisa diambil di luar negeri ataupun di dalam negeri sesuai dengan tujuan universitas yang diinginkan oleh peserta. Merupakan salah satu beasiswa yang memberikan banyak slot kepada calon mahasiswa pasca sarjana. Bukan hanya memberi beasiswa untuk melanjutkan pendidikan pascasarjana saja namun LPDP juga memiliki program lainnya yaitu pendanaan riset yang dilakukan serta perbaikan fasilitas pendidikan.


Bagi Anda lulusan sarjana yang ingin melanjutkan pendidikan S2 namun terkendala biaya, Anda bisa menjadi salah satu peserta yang memperebutkan beasiswa ini. Namun tentu saja Anda harus memenuhi semua persyaratan yang dibutuhkan karena akan banyak peserta lain yang juga berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa ini. Berikut ini adalah persyaratan yang nantinya harus Anda penuhi untuk bisa mengikuti seleksi beasiswa:

Surat dari kedokteran, meliputi surat keterangan sehat, surat bebas narkoba dan surat bebas TBC dari Balai Paru Indonesia.

Memiliki surat rekomendasi dari atasan Anda bagi yang sudah bekerja dan dari tokoh masyarakat bagi yang belum bekerja.

Batas usia yang diperbolehkan untuk mengikuti seleksi beasiswa LPDP dari program reguler adalah 35 tahun untuk program Magister dan 40 tahun untuk program doktor.

Memiliki iPK minimal 3 untuk program pendidikan magister dan 3,25 pada pendidikan doktoral.

Memiliki nilai IELTS minimal 6.0, TOEFL minimal 500 untuk pendidikan Magister. Sedangkan untuk pendidikan doktoral memiliki nilai IELTS minimal 6.5, TOEFL iBT 80 dan TOEFL minimal 550.

Surat pernyataan yang menyatakan bahwa peserta bersedia langsung pulang ke tanah air setelah menyelesaikan masa study. Selain itu ada surat pernyataan terpisah mengenai masa pendidikan yang diizinkan adalah maksimal 24 bulan. jika ternyata masa waktu studi lebih dari 24 bulan maka peserta wajib mendapatkan izin tertulis dari LPDP dan membiayai kuliahnya sendiri.

Peserta beasiswa dari LPDP tidak wajib mendapatkan surat LoA Unconditional yang merupakan surat tanda terima dari perguruan tinggi tanpa syarat.

Mengisi formulir pendaftaran melalui website LPDP dimana jadwal untuk beasiswa dalam negeri adalah antara Mei hingga Juni sedangkan untuk beasiswa luar negeri antara Juli hingga September. Setelah mendaftar melalui website resminya, Anda juga harus mengunggah dokumen persyaratan yang dibutuhkan melalui website LPDP resmi.

Itulah persyaratan yang harus Anda lengkapi untuk bisa mengikuti program beasiswa LPDP S2 baik untuk calon mahasiswa pascasarjana dalam negeri maupun luar negeri. Lakukan persiapan dan kumpulkan prasyarat berkas beserta terjemahannya sejak jauh-jauh hari apalagi bagi Anda yang memiliki pendidikan di universitas terbaik luar negeri agar jika ada yang kurang lengkap atau mengalami kendala bisa diupayakan dengan maksimal.